The Shaman (2008)




Pemain : Oka Antara, Farah Debby, Kamidia Radisti, Kemal Vivaveni, Vicky Notonegoro
Piet Pagau, Julia Perez, Dirly
Sutradara : Raditya Sidharta
Penulis : Aria Bima
COuntry: Indonesia



Gw menikmati film yang konon ga boleh masuk ke sinema2 handal Indonesia karena terlalu sadis itu...yea rite.

satu2nya yang bikin gw bisa menikmati press screening itu adalah, freeflow beer dan makanan. Bayangin aja. gw ntn di tempat main biliard dengan proyektor serta sound seadaanya. oia, berhubung tempatnya penuh gw terpaksa ntn di TV LCD di sebelah kiri gw [jangan tanya betapa pegelnya]

pada dasarnya gw agak ga bisa ntn film gore. yang potong sana potong sini, iris sana iris sini.... buat gw itu lebih horor dari film horor!! Nah, film ini konon seperti itu, sadis katanya. tp even dia udah iris sana iris sini, gw ga sekalipun meringis.... ini film apa sih sebenernya?

Ok, balik ke cerita. konon film ini memiliki nuansa horor, teror mbak2 yang transmigrasi dari film SAW [maaf gw terpaksa bilang gt, soalnya make up dan kostum hantu yang satu ini, SANGAT mengingatkan gw pada si babi berkerudung merah dari SAW] sudah dimulai sejak sang tokoh utama tiba di kalimantan. wait...kalimantan? shaman dan kalimantan...agak2 udah jelas kan benang merahnya? yap benar, film ini diwarnai dengan adegan ilmu hitam di kalimantan itu, tp bukan, itu bukan inti ceritanya... dibalik serial hantu dan dukun2an itu ternyata didalangi pembunuhan berseri yang memutilasi mayat2 korban. dan sejujurnya, adegan perdukunan malah keliatan dipaksakan biar fit in dengan judul... dan entah gimana, mulai ke akhir cerita, sang penampakan hantu mulai menghilang secara tiba2. Oleh karena itu gw semakin yakin ambience horor yang dari awal film disodorkan, juga hanya sebuah selipan yang dipaksakan.... jadi ini film apaan sihhhh???

sebenernya ini adalah film yang mengisahkan kehidupan sehari2 dari sebuah boom mic yang sering dipakai saat shooting.....huakakakakkakkakaka boong dehhhh...cuma yah, si boom mic ini selalu muncul di setiap adegan, sampe2 mbak2 di depan gw terus ngitungin kehadiran sang mic. Oia, bukan cuma ujungnya aja loh... sampe setiang2nya juga in frame wakakakakakak.... gw tau, gw udah diingeti n berjuta2 kali sebelum filmnya mulai oleh sang MC, bawah flm ini masih RAW, belum di edit...tp ga separah ini juga kaleeeeeeeeee.......

gw beneran ga tau deh maunya film ini apa. padahal udah jelas dan ketebak jalan ceritanya, soal perdagangan organ tubuh, so si terdakwa membunuh dan memutilasi warga di desa itu [oops, spoiler yah...but heckkk yaudahlah ga ada yang mau ntn juga].... cuman gw ga ngerti juga kenapa si dukun ada..terutama si hantu mbak2 yang kayak babi kerudung merah di SAW. Karena kalo lo perhatiin, si hantu merah yang terus2an muncul itu, beneran ilang diakhir cerita, dan ga ada penjelasannya...so who the hell is shee....??

akting...ga usah ditanya dehhh..... chakeb bener sih akting, saking cakepnya, si mbak Lila yang dicertakan sebagai penduduk asli di kalimantan, di awal film berlogat melayu, mulai tengah cerita jadi betawi dan sesekali jawa serta sunda... sebnernya asla mana sih lo mbak???

akting marah dan psycho tokoh utamanya juga ga meyakinkan, gw malah bingung pas dia mulai marah2..., "kenapa sih itu orang marah2?". gara2 adegan marah itu juga terlihat dipaksakan.....

dari segi sinematografi... yaudahlah..kan katanya masih raw, belum diedit jadi gw ga boleh sentuh divisi itu kan? tp jujur pengambilan gambarnya kurang ekspresif...t erlalu datar. sigh.....

1 comment:

glasgowmegasnake said...

haduuhhhh...
emang udh nasib.. kl dapet tugas screening dr kantor koq selalu dpt film yang luar biasa ajaibnya.. mungkin sudah takdir saya untuk membantai film2 sampah ini kedalam review.

so.. here we go... pertama dapet undangan ntn shaman lsg cari info.. dari infonya ternyata shaman diibaratkan kayak HOSTEL-nya Indonesia.. dhangggggg* Indonesian..??? made a gore movie..??? ermmmmm lumayan penasaran gue jadinya. selidik punya selidik menurut team marketingnya via e-mail2, film ini menarik Orlando Bassi, Bassi sendiri adalah orang yg bertanggung jawab untuk make up effect di film2 seperti Lord of the Rings, pirates of the Caribbean, Harry Potter.... dhangggggggggggggg* makin penasaran khan. mudah2an tidak ancur seperti nasib film amrik berjudul Shaman juga di taun 80an

meluncurlah gue ke plaza semanggi.. mana pers screeningnya via projector dan LCD di dalem kafe lagi.. kirain di bioskop.. tp gak apa2 at least penilaian saya semakin objektif apabila ada segelas beer dingin dan rokok hehehhee.

seblum film dimulai mbak MC nya bilang kalau ini masih versi digital jadi maaf kalau ada kekurangan disana sini... yeahhhh gak apa mbak kurang2 dikit mah nda apa2 (pikir gue)
begitu film mulai tau2 ada mbak julia perez lagi lari2.. heee..?? ooo ada dia toh.. tiba2 scene SUSU SUSU dimana2 tau2 dia jatoh dan ada yang ngejar dia.. wait wait.. koq kayak kejadian parodi carmen electra di scary movie berapa gitu.. huakakakakakk.. dari sini gue udh yakin film ini kacrut total...
tapi saya masih ingin melihat ke-gore-an dan hasil make up effect dari mas Bassi.
masuk lah scene gore pertama dimana ada beberapa orang kena santet ama dukun kalimantan.. tau2 lahhhhh koq darahnya ama make upnya koq kayak sinetron hidayah..????? hmmmmm ampe gw bener2penasaran masa sih kerjaannya make up effect artist handal Hollywood koq hasilnya gitu. ya sudah lah kita lihat nanti... by the end of the show gue tunggu credit titlenya lhooooo koq make up effect artistnya namanya koq mas mas jawa gitu. wah gue ditipu mentah2.. setannnnnnn

overall film ini ceritanya tentang penjual organ manusia di pasar gelap (yah gak nyambung emang ama judul filmnya). tapi yah ini film banyak banget kejanggalannya, cerita gak masuk akal, jalan cerita lompat2 dan gak jelas, pemeran super kaku, bocor sana sini... I know I know masih digital blum final tp tetep masa screening yg disuguhin ke pers bener2 versi ancur gini... ada kali ratusan boom mic in frame ampe ke tiang2nya.. ampe orang di depan gw ngitungin gitu rame2 hahaha. juga tau2 ada sapa tuh dr indonesian idol dirli atau siapaitugakpentingnamanya, tiba2 ikutan di satu scene jd warga desa. eh tau2 di scene lain dia jadi orang kota yang ikut camping..???? what the... sepertinya gak cukup masuk iklan motor annoying berkali2 harus yah maksain jadi cameo ampe dua peran sekaligus.. tolol!
Blum lagi si mbak Farah Debby dalam satu frame bisa beda2 behanya (*kegep gitu ama gue hahahaha). blum lagi adegan2 yang sama persis alias jiplak dengan HOSTEL, plus kamar-kamar penyiksaan dan yang paling menggelikan adalah scene ermmm sapa tuh namanya si viki (emo) nitinegoro itu dibelek perutnya trus dikeluarin lah usus2 dan ginjal2nya, pas di shoot dr atas masa badannya panjang bener.. ermmm apa LCD nya yang rusak yah tp koq tiba2 perut dia panjanggggg bener ada kali semeter perut doang huakakakaka..

bottomline: kalo kalian punya banyak uang dan gak tau mau diapain, sama pengen terkenal namanya sebagai orang yang coba membodohi seluruh penggemar horor/ thriller silahkan bikin TRILOGI THE SHAMAN aka. PENCABUT NYAWA THE RETURN*

*karena film ini harus dilanjultkan kembali ketololannya.. jangan berhenti disini atau saya akan kehilangan pekerjaan

Post a Comment