M (1931)





Director: Fritz Lang
Writers: Thea von Harbou (script) and Fritz Lang (script)
Casts: Peter Lorre
Ellen Widmann
Inge Landgut
Otto Wernicke
Country: Germany



'A thriller way ahead of it’s time'

Film ini merupakan karya pertama Fritz Lang dalam sebuah film bersuara, masih ingat dengan film bisu bersejarahnya Metropolis? Maka ini adalah karya Lang berikutnya yang harus anda simak. Genre thriller, film misteri pembunuhan dan detektif memang banyak digemari akhir-akhir ini, dan sudah banyak karya-karya klasik hebat seperti Psycho (Alfred Hitchcock) sampai ke Silence of the lambs (Jonathan Demme) yan terpengaruh dari karya Lang ini.

M adalah pionir film yang menghadirkan tema pembunuhan berantai. Film yang dirilis pada tahun 1931 di Jerman ini sangat terpengaruh oleh merebaknya kejahatan pembunuhan berantai di Jerman pada era akhir tahun 20an. “the vampire of Düsseldorf” nama yang disandang oleh Peter Kürten, seorang pembunuh berantai yang sangat terkenal di Jerman yang akhirnya tertangkap oleh polisi pada tahun 1930. Ia telah menyerang 41 orang dan 9 diantaranya dibunuh secara sadis. Kürten adalah profil nyata dari film ini



M sendiri berlatar belakang seorang pembunuh berantai dan penculik anak-anak kecil di kota Berlin bernama Hans Beckert (Peter Lorre) yang sangat sulit untuk ditangkap sehingga meresahkan baik polisi setempat juga mafia bawah tanah di Berlin. Semakin banyak korban pembunuhan anak kecil dikota ini membuat polisi mulai turun ke jalanan dan membuat bisnis para mafia jadi terganggu dengan para detektif memeriksa dan menginterogasi semua penduduk kota. Hal ini membuat baik polisi dan para mafia berbalapan memburu pembunuh berantai tersebut. Kisah perburuan ini sangat sarat dengan intrik politik, terutama mengenai anti NAZI yang sedang dalam perjalanan berkuasa pada era itu di Jerman. Juga dengan keadaan struktur masyarakat di Jerman pada pra-perang dunia kedua.




Film dengan dialog pertama dari tangan Lang ini sangat kental dengan pengaruh ekspresionisme, ciri khas Lang memang dan banyak hal yang menjadi benchmark untuk film thriller dan misteri modern, seperti scoring bercorak leitmotif yang membuat setiap scene mempunyai ciri khas sendiri yang mencekam, metode ini juga akhirnya dipakai oleh Alfred Hitchcock yang sangat terpukau dengan M. Ciri khas lain Lang dalam film ini adalah banyak jenis pengambilan gambar yang aneh dan berfokus pada satu indivudual, pengambilan gambar ini terkadang berkesan membosankan tetapi apabila diperhatikan dengan seksama fokusnya sebenarnya pada pembangunan perubahan emosi dari dialog ke dialog para pemainnya, ini sangat intens dan dirangkai dengan pengambilan gambar Lang yang brilian.



Bagi anda penggemar film klasik terutama penggemar karya Expressionist art Fritz Lang yang mempunyai jalan cerita yang pintar dan cara pandang yang berbeda, anda wajib mengoleksinya. This movie is still worth to learn for years to come!

No comments:

Post a Comment