Alice (1988)





Aka Neco z Alenky
Director: Jan Svankmajer
COuntry: Czechoslovakia


yup adaptasi dari alice in wonderland oleh Jan Švankmajer bener2 juara menurut saya, untuk sebuah film surealis ini bener2 grab my attention, saya pikir dulu film2 dari surreallist director Alejandro Jodorowsky seperti El topo dan the holy mountain sudah fenomenal, tapi ternyata ada yg lebih juara.
ya Jan Švankmajer adalah orangnya salah satu orang yg meng-influence Tim Burton dan masih menjadi inspirasinya dalam membuat film sampai sekarang, di film adaptasi alice in wonderland ini bener2 membuat saya terkesima sembari menahan napas
setelah saya nonton film ini bener mengganggu tidur saya untuk seminggu kedepan.
film ini menggabungkan pengambilan gambar asli dan juga animasi stop motion, in this movie 'dead stuffed animal motion' tepatnya, ya stuffed dead animal seperti kelinci tikus dan teman2nya menjadi lawan main seorang gadis kecil dengan akting yang sangat bagus memerankan Alice.

kalau kalian membandingkan dengan the original alice in wonderland, film ini lebih dark dan lebih liar fantasinya walopun tetap stick pada storyline aslinya.
urmmm dalam film ini saya menemukan sedikit perbedaan dari versi aslinya, dalam versi aslinya ya memang alice dalam petualangannya menemukan sebuah mood altering substances yang membuat perjalanan adventurenya lebih bervariasi, tapi di film ini sepertinya that drug euphoria effect lebih di besar2kan dan menjadi feeding storyline dalam film ini, which is menurut saya this is what ALICE IN WONDERLAND is all about... a psychedelic drug trip through the unknown

and yet Jan Švankmajer delivers it very well..!!!

visual film ini sangat grotesque, perverse, dan disturbing, ya walopun film ini diambil dari sebuah cerita klasik anak2
tapi film ini bukan untuk anak2 dibawah umur
*harus dicatet.. you don't want your kids to watch this movie.. ever..!!!

buat yg mau ntn film ini....
have a wonderful nightmare....
and may your imagination blessed with perversed dreams hahahahha

CHeERs

*oh yah pesan dari saya don't take hallucinogens drugs while watching this movie.. you'll have one devastating trip =P

**hallucinogens includes; LSD, Psilocybin, PCP, MDMA dan sebagainya

No comments:

Post a Comment