Lawang Sewu (2007)





Produser :Dhamoo Punjabi, Manoj Punjabi
Produksi :Md Pictures
Pemain :Thalita Latief, Salvina, Bunga Jelita, Tsania Marwa, Marcell Darwin, Ronald Gustav
Sutradara : Arie Azis
Penulis : Aviv Elham
Country: Indonesia


Comment saya?
I Had a GOOOOOODD laugh during the movie.

Seriously, film ini sepatutnya mengganti genre dari horror movie menjadi komedi saja. Gw hampir berpikir bahwa film ini sejenis slapstic-an seperti scary movie.

Bahkan masuk film kategori horor-tanggung aja enggak.

Dari awal film gw, udah gatel dengan screenwriting yang agak maksa. Alur cerita yang terkesan dibuat-buat dan tidak natural [dohh!!! Kalo mau ke diskotik harus yah jauh2 ke luar kota?]. Belum lagi ditambah akting2 ‘tanggung’ dari para aktor-aktrisnya….fyuhhhhhhh

Gw sempet penasaran dengan film ini karena latar belakang Lawang Sewu-nya. Tapi sayang sekali, kalo lo bener2 mengincar urban legend yang tersimpan di balik gedung tua itu, lo akan kecewa besar nonton film ini. Karena dengan menjual nama Lawang Sewu, sebenarnya film ini sama sekali tidak berkait dengan urban legen itu, kalau pun sempat disinggung2, yahh… seperti gw bilang tadi, hanya wujud dari script yang dipaksakan.

Scene2 yang absurd mengundang banyak tanya, dan tawa tentunya, membuat film ini gagal membangun ambiance horror, ga ada adegan2 yang bikin jantung berlompatan, apalagi acara2 merinding. Sumpah..flat abis.. yang ada lo ketawa geli. Baru kali ini gw ntn film horor yang sama sekali ga bikin gw thrilled. Bener2 ga ada satu poin yang bisa gw lebihkan dari segi ke-horor-annya [maaf yah.. agak…sadis dikit reviewnya, tp serius gw bener2 merasa begitu]. Setiap adegan horor malah tampak seperti lawakan, dan penampakan hantu yang terlalu gamblang juga ga membantu ambiance-nya.
Lama2 gw terbiasa dengan kemunculan sang hantu, jadinya sang kunti itupun malah ga ada serem2nya. Udah gitu, Ga ada pemunculan2 hantu yang ‘cerdas’ tambah lagi ga didukung ekspresi ketakutan yang hebat dari para tokoh…[ngeliat hantu kok kayak ngeliat kecoa…ga ada takut2nya].

Terlalu banyak scene2 yang janggal, seperti pas sang mbah secara heroik ikut ke lawang sewu membawa obor, trus pas udah sampe ternyata hantu2nya lagi pada ‘gak ada di tempat’ [hantunya lagi pada ‘piknik’ ke Alas Roban, katanya =P], apalagi adegan salah satu tokoh tau2 terbang ke langit….agghhh….itu…… absurd sekaliy….(-,-)

Tapi yang paling juara….adalah inti ceritanya yang TIBA2 pindah ke sorang gadis bernama Ratih…nah itu..juara banget absurdnya. Disitulah lo akan berpikir..sebenernya film ini, ga perlu di latari lawang sewu, harusnya ganti judul aja jadi ‘Dendam si Gadis Hamil’. Gak harus loh dia bunuh diri di lawang sewu, dan sempeeeeett gitu yah nyari rantei dengan bandul besi [ala hantu2 amrik jaman dulu] sebelum bunuh diri… ckckckckck….bener2 alur yang dipaksakan.

Wah wah wah…..parah beneran kali ini. Such a big joke for us. Gw merasa seperti lagi dibodoh2i pas ntn film ini. *lap keringet gede. Baru kali gw menonton sesuatu yang SANGAT tidak worthed untuk ditonton. Gagal secara cerita. Gagal secara ambiance. Gagal secara akting. Gagal secara kehororan hantunya. Intinya gagal secara keseluruhan.

Eh eh eh enggak deh…dia masih berhasil di satu sisi… dia sukses sebagai film komedi.
=P

No comments:

Post a Comment